Arti Ruang Keluarga Elok

Arti Ruang Keluarga Elok – Arti Ruang Keluarga

Sumber gambar, BBC INDONESIA

Kesalahan Arti Ruang Keluarga Idaman
Ide Arti Ruang Keluarga Untuk Rumah Idaman

Ratu Tatu Chasanah, yang tak lain ialah adik mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, adalah kandidat bupati Serang.

Peluang family Ratu Atut guna mendominasi peta politik Provinsi Banten tersingkap lebar sesudah dalam penghitungan suara sedangkan tampak bahwa anggota family mereka unggul jauh di tiga dari empat wilayah yang melangsungkan pilkada.

Berdasarkan penghitungan suara yang diluncurkan laman Komisi Pemilihan Umum (KPU) terlihat sokongan suara mengalir ke kandidat bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, yang tak beda adik kandung Ratu Atut Chosiyah.

Ratu Tatu, kandidat nomor urut satu pada pemilihan di Kabupaten Serang, meraih 60,86% dari 200.836 suara yang sudah dihitung.

Sokongan powerful terhadap kandidat yang berhubungan dengan family mantan Gubernur Banten yang sekarang mendekam di penjara dampak kasus korupsi tersebut juga terlihat di dua wilayah lain yang melangsungkan pilkada.

Di Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, adik ipar Ratu Atut, mendulang 58,13% dari 102.394 suara. Kemudian di Kabupaten Pandeglang, Tanto Warsono Arban, menantu Ratu Atut, tampak unggul dengan mendapat 56,77% dari 7.976 suara.

Inspirasi Arti Ruang Keluarga yang Cantik
Gallery Arti Ruang Keluarga Ideal

Sumber gambar, AFP

Mantan Gubernur Ratu Atut Chosiyah sekarang mendekam di penjara dampak kasus korupsi.

Keberadaan calon kepala wilayah yang mempunyai hubungan kekerabatan ini dijuluki sebanyak pihak sebagai politik dinasti.

Namun, Haji Ujang, pemilih di TPS 5, Desa Kadubereum, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, berasumsi lain.

”Di sini tidak terdapat dinasti, dengan kata lain semuanya punya andil dalam membina negara,” katanya.

Ketika ditanya apakah pendapatnya dilatari oleh keseganan terhadap pengaruh family Ratu Atut, Haji Ujang menepis.

Viral Arti Ruang Keluarga Bikin Rumah Makin Kece
Ratusan Arti Ruang Keluarga Terbaru

“Tekanan, pengaruh atau rasa fobia (terhadap family Ratu Atut) tidak ada. Kami di sini diperlakukan bersama, keberanian pun sama punya keberanian. Jadi bila nggak benar ya kami bilang nggak benar,” ujarnya di tempat yang melulu berjarak 20 meter dari lokasi tinggal keluarga besar Ratu Atut.

Pendapat Haji Ujang disetujui para pemilih lainnya. BBC Indonesia baru mendapat komentar bertolak belakang di tepi suatu ruas jalan yang rusak, sejumlah kilometer dari Kecamatan Pabuaran.

Aditya, pemuda berusia 25 tahun, misalnya.

”Selama provinsi masih dipegang dinasti, saya paling tidak puas. Contoh konkret, lihat jalan ini,” katanya langsung menunjuk jalan bobrok di hadapannya.

Sudah bobrok bertahun-tahun namun tidak pernah diperbaiki. Dan situasi seperti ini tidak sedikit dijumpai di Provinsi Banten. Saya sebagai rakyat awam tentu mengalami akibat jalan buruk. Ini bahkan anda belum bicara soal birokrasi, tata kelola pemerintahan, dan lain-lain ya,” papar Aditya pula.

Pemungutan suara di Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, mengindikasikan Ratu Tatu Chasanah unggul.

Gallery Arti Ruang Keluarga Ideal
Konsep Arti Ruang Keluarga Idaman

Menanggapi hubungan kekerabatan dalam politik di Banten, Ratu Tatu Chasanah menyebut urusan tersebut telah dipatahkan oleh putusan Mahkamah Konstitusi pada Juli lalu, yang membatalkan Pasal 7 huruf r UU Nomor 8 Tahun 2015 mengenai Perubahan UU Nomor 1 Tahun 2015 mengenai Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Pasal itu mensyaratkan bahwa calon kepala wilayah tidak mempunyai konflik kepentingan dengan petahana. Dalam penjelasan, yang dimaksud sebagai ‘konflik kepentingan’ ialah sang calon bersangkutan darah, sampai ipar dan menantu, dengan pemimpin daerah, contohnya bupati atau gubernur.

”Kalau terlihat family saya tampak mendominasi, itu dampak dari demokrasi. Semua punya hak, seluruh punya peluang. Sebetulnya saat peluang itu diserahkan kan sebenarnya tidak secara otomatis family saya dapat memenangkan,” katanya.

“Masyarakat yang memilih. Kalau contohnya masyarakat menilai pilihan berpulang pada keluarga saya, ya barangkali keluarga saya yang diuntungkan,” kata Ratu Tatu.

Adapun soal kenapa anggota keluarganya tidak sedikit menempati posisi strategis di Provinsi Banten, Ratu Tatu menyinggung almarhum ayahnya, Haji Hasan Sochib. Berdasarkan keterangan dari Ratu Tatu, sang ayah telah mengerjakan investasi selama masa hidupnya.

”Sekarang ini bermukim dipetik hasilnya. Tidak pun dalam masa-masa sesaat, anda meraih semuanya. Ini ialah investasi jangka panjang yang sudah dilaksanakan keluarga besar saya, khususnya ayah saya,” kata Ratu Tatu.

Cara Indah Arti Ruang Keluarga Anggun
Harga Arti Ruang Keluarga Referensi Ide

Walau begitu, Tatu menepis bahwa ayahnya mempunyai strategi jangka panjang untuk menanam anak-anak dan familinya dalam jalur sebagai pemegang kekuasaan.

”Ayah saya sungguh-sungguh pengusaha, bukan praktisi di bidang politik. Tidak ikut dalam politik praktis,” katanya.

Airin Rachmi Diany, menantu Ratu Atut, unggul dalam penghitungan sedangkan pemilihan wali kota Tangerang Selatan.

Penjelasan Ratu Tatu soal investasi almarhum Haji Hasan Sochib dibetulkan oleh Gandung Ismanto pengamat politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten.

Melalui kajiannya terhadap sejarah dan sistem politik Banten, Gandung menilai mendiang Haji Hasan Sochib sukses melakukan investasi di ranah politik dan sosial semasa hidupnya.

”Dia dapat menyatukan kelompok-kelompok ulama yang tergabung dalam Kesatuan Karya Ulama, yang lantas berafiliasi dengan Partai Golkar. Dia pun mampu membina sejumlah perguruan tinggi dan sekolah. Adapun di bidang kebudayaan, dia mengonsolidasikan kaum pendekar dari sekian banyak perguruan silat. Inilah yang menjadi pilar utama dominasi keluarga Haji Hasan Sochib,” kata Gandung.

Inspirasi Arti Ruang Keluarga Terbaru
Kebutuhan Arti Ruang Keluarga Untuk Anda Miliki

Pascareformasi pengaruh itu memainkan peranan urgen seiring dengan transisi dominasi Partai Golkar dari militer ke sipil. Sebab, seusai reformasi sampai akhir hayatnya, Haji Hasan Sochib menjadi ketua dewan pembina Partai Golkar di Provinsi Banten.

Namun, pengaruh Haji Hasan Sochib tidak berhenti di Partai Golkar. Gandung menuliskan ayah Ratu Atut Chosiyah tersebut sangat peduli terhadap keluarga teman bisnisnya. Dia bahkan mendanai famili koleganya yang hendak terjun ke ranah politik di sekian banyak partai.

Berkat investasi tersebut, kata Gandung, Haji Hasan Sochib dapat membangun jejaring yang memperkuat basis politiknya untuk dirinya -dan untuk keturunannya di lantas hari.

“Karena itu, walau anggota DPRD terdiri dari sekian banyak partai, suaranya tentu bermuara pada kepentingan ekonomi dan politik yang sama. Sehingga hampir tidak ada polemik dalam menyikapi kebijakan-kebijakan pemerintahan,” kata Gandung.

Gandung Ismanto, pengamat politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, menilai dominasi oligarki di Provinsi Banten memblokir ruang demokrasi.

Di samping Ratu Atut yang menjadi gubernur Banten pada 2007, adik Atut, Haerul Zaman, menjabat wali kota Serang pada 2011.

Tips Dan Ide Arti Ruang Keluarga Mudah Diterapkan
Daftar Arti Ruang Keluarga Bikin Rumah Makin Kece

Pada 2010, adik Atut yang lain, Ratu Tatu Chasanah, terpilih menjadi wakil bupati Serang. Adapun ibu tiri Atut, Heryani, menjadi wakil bupati Pandeglang pada 2011. Pada tahun yang sama, Airin menjadi wali kota Tangerang Selatan.

Di luar Provinsi Banten, almarhum suami Ratu Atut, Hikmat Tomet, sempat menjadi anggota Komisi V DPR periode 2009-2014. Putra Ratu Atut, Andika Hazrumy, menjadi anggota DPD RI. Sedangkan istri Andika, Ade Rossi Kharunnisa, menduduki posisi sebagai wakil ketua DPRD Serang.

Kekuasaan oligarki politik di Provinsi Banten itu, menurut keterangan dari Gandung, malah menutup ruang demokrasi.

“Ruang demokrasi menjadi tertutup malah di instrumen demokrasi tersebut sendiri. Kalau anda telusuri semenjak pilkada kesatu tahun 2005 hingga sekarang, bahwasannya kekuasaan beralih di antara mereka saja. Dan benar-benar memblokir ruang guna masyarakat sipil,” sebut Gandung.

Menurutnya, praktik politik kekerabatan laksana di Banten paling merugikan rakyat.

“Politik sudah dimonopoli dan opsi rakyat paling terbatas,” tandasnyanya.

Menata Arti Ruang Keluarga Memotivasimu
Renovasi Arti Ruang Keluarga Harapan
Update Arti Ruang Keluarga Bikin Semangat
Berita Arti Ruang Keluarga yang Bisa Anda Tiru
Cek Arti Ruang Keluarga Elok
Cara Membuat Arti Ruang Keluarga Impian
Aksesoris Arti Ruang Keluarga Tentunya Efisien
Ribuan Arti Ruang Keluarga Buat Suasana Hati Nyaman
Perlengkapan Arti Ruang Keluarga yang Cantik
Ide Arti Ruang Keluarga yang Cantik
Kesalahan Arti Ruang Keluarga Keren
Mudah Banget ! Ini Arti Ruang Keluarga Bikin Rumah Makin Kece
Kesalahan Arti Ruang Keluarga yang Bisa Anda Tiru
Mudah Banget ! Ini Arti Ruang Keluarga Terbaru
Bisa Ditiru Arti Ruang Keluarga Elok
Paling Dicari Arti Ruang Keluarga Impian
Cara Membuat Arti Ruang Keluarga Yang Menginspirasi
Update Arti Ruang Keluarga Keren Dan Manis
Harga Arti Ruang Keluarga Terpopuler
Harga Arti Ruang Keluarga Anggun
Konsep Arti Ruang Keluarga Elegan
Hadirkan Kreatifitas Arti Ruang Keluarga Yang Menginspirasi
Tengok Arti Ruang Keluarga Harapan
Tengok Arti Ruang Keluarga Ideal
Semua Tentang Arti Ruang Keluarga Memotivasimu
Ide Arti Ruang Keluarga Elok
Kesalahan Arti Ruang Keluarga Harapan
Konsep Arti Ruang Keluarga Buat Suasana Hati Nyaman
Simpel Arti Ruang Keluarga yang Bisa Anda Tiru
Semua Tentang Arti Ruang Keluarga Keren
Ubah Menjadi Arti Ruang Keluarga Trend Gaya Baru
Harga Arti Ruang Keluarga Elok